loading...

ITN Malang Mengeluarkan Inovasi Alat "LOSIPKA" Lorong Spray Disinfektan Lengkap dengan Pengering UV untuk Bunuh Virus

KBRN, Malang: Inovasi baru terus diciptakan perguruan tinggi di Malang untuk menmbuay berbagai alat pencegahan penyebaran Covid-19. Kali ini, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang berhasil menciptakan bilik penyemprot disinfektan bernama Lorong Siap Kerja (Losipka). Uniknya, lorong ini dilengkapi mesin pengering, sehingga masyarakat tidak merasa khawatir basah setelah masuk ke dalam bilik disinfektan.

Rektor ITN Malang, Dr Ir Kustamar, MT mengatakan, inovasi Losipka ini diharapkan bisa menjadi media untuk membangun kepercayaan dosen, mahasiswa dan masyarakat menghadapi tatanan kehidupan baru. "Kenapa diberi nama Losipkan, karena kami ingin orang yang disemprot cairan disinfektan bisa langsung kembali bekerja. Tidak perlu risih bajunya basah setelah disemprot disinfektan, karena ada teknlogi pengeringnya," katanya, Selasa (16/6/2020).

Ia mengungkapkan, Losipka ini terbagi dalam dua bilik. Pertama, bilik penyeprot cairan disinfektan dengan bahan dasar yang aman untuk tibuh. Setelah itu, pengguna Losipka memasuki bilik kedua yang berfungsi untuk mengeringkan atau bilik pemanas. "Lorong ini dapat membunuh virus yang menempel di tubuh, karena ada lorong penyeprot disinfektan membunuh virus, lalu lorong pemanas untuk mengeringkan tubuh sekaligus membunuh kuman," ungkap Kustamar.

Ketua Program Studi Teknik Mesin ITN Malang, Aladin Eko Purkuncoro, ST. MT mengungkapkan, pihaknya membutuhkan waktu sekitar dua bulan untuk menyelesaikan percobaan pembuatan Losipka yang berbahan dasar stainless steel tersebut. "Kami sudah mematenkan teknologi ini. Alat ini menggunakan sistem sensor," tuturnya.

Untuk menggunakan Losipka, setiap orang hanya butuh sekitar 5 detik. Lorongnya sengaja dibagi menjadi dua bagian bilik agar mudah dibawa atau dipindah. "Untuk satu unit Losipka penyemprot disinfektan dan pengering membutuhkan biaya sekitar Rp 14 juta. Kami berharap alat ini bisa diproduksi secara massal," tandasnya. 


Artikel asli: Hanum Oktavia, https://rri.co.id/malang/diksosbud-iptek/852927/losipka-lorong-disinfektan-karya-itn-malang-dilengkapi-mesin-pengering

6 Comments

Leave a comment